Liputan6.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) merespons insiden ributnya sesama penumpang di dalam bus TransJakarta.
Dalam video viral di media sosial, terlihat seorang perempuan muda dimaki dengan kata-kata kasar oleh seorang ibu usai menolak memberikan kursi yang telah ditempatinya.
Diunggah akun Instagram @hani.rajagukguk kursi itu diketahui bukan kursi prioritas, sehingga yang bersangkutan tak berkenan untuk memberikannya. Dalam rekaman itu, penumpang yang masih muda tersebut diminta pindah kursi, namun menolak karena dirinya sedang mengalami sakit kepala.
Menanggapi hal tersebut, PT TransJakarta menekankan soal pentingnya sikap saling menghargai serta pemahaman terhadap penggunaan fasilitas tempat duduk yang tersedia di armada. Transjakarta juga menyampaikan empati mendalam atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dalam peristiwa tersebut.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas pengalaman kurang menyenangkan yang dialami pelanggan kami. TransJakarta adalah milik bersama, dan kami ingin setiap perjalanan menjadi momen yang aman serta nyaman bagi semua pelanggan tanpa terkecuali,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Welfizon Yuza dalam keterangannya, Selasa (23/12/2025).
Welfizon memyatakan, untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman, TransJakarta akan terus memperkuat edukasi kepada pelanggan terkait peruntukan kursi prioritas di dalam armada bus.
Ada pun kursi prioritas diperuntukkan bagi lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, serta orang tua yang membawa anak atau balita. Sedangkan kursi di luar kategori itu merupakan area umum yang dapat digunakan oleh seluruh pelanggan.
Video Nyobain Jalur Terpanjang TransJakarta, Cuma Habis Rp.3.500 #Merdekadotcom #TrasnJakarta #JalurTerpanjang #TransportasiUmum #ShortMdk 25 Nov 2025
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/4232811/original/046945700_1668945623-close-up-picture-hand-holding-planting-sapling-plant_1_.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5450778/original/080041100_1766184841-kpk_bekasi.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5453057/original/050838100_1766466456-WhatsApp_Image_2025-12-23_at_11.57.07__1_.jpeg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5420216/original/078095800_1763730856-Kemendagri.jpeg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5452980/original/072324100_1766463941-AI_Repair-Pro-Screenshot_2025-12-23_at_09.55.13.jpeg?w=400&resize=400,225&ssl=1)