Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

KAI Commuter Bantah Pecat Petugas Imbas Kasus Tumbler Tertinggal Megapolitan 27 November 2025

KAI Commuter Bantah Pecat Petugas Imbas Kasus Tumbler Tertinggal
Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com –

KAI Commuter
membantah kabar pemecatan seorang petugas yang viral di media sosial usai insiden tumbler penumpang tertinggal di perjalanan commuter line rute Tanah Abang–Rangkasbitung pada Senin (17/11/2025).
Perusahaan menegaskan, informasi tersebut tidak benar dan menyebut proses internal masih berjalan untuk memastikan duduk perkara sebenarnya.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, mengatakan perusahaan tidak pernah melakukan pemecatan sebagaimana narasi yang beredar.
“KAI Commuter sendiri tidak melakukan pemecatan sebagaimana isu beredar, karena kami memiliki aturan dan prosedur kepegawaian yang tetap mengacu pada regulasi ketenagakerjaan,” ujar Karina dalam keterangan tertulis yang diterima
Kompas.com,
Kamis (27/11/2025).
Karina menjelaskan, perusahaan masih melakukan penelusuran untuk memastikan fakta kejadian. Pada tahap awal, KAI Commuter juga sudah berkoordinasi dengan mitra pengelola petugas
frontliner
yang bertugas di lapangan.
“Sebagai tahap awal, tentunya kami melakukan koordinasi kepada pihak mitra pengelola petugas front liner,” kata dia.
Karina menambahkan, seluruh petugas selalu diarahkan untuk menjalankan standar operasional prosedur (SOP) selama bertugas.
Karena itu, ia kembali menegaskan tidak ada pemberhentian terhadap petugas seperti yang ramai dibahas warganet.
Ia menyebut mitra terkait kini tengah melakukan evaluasi internal untuk melihat situasi dan peristiwa yang terjadi secara lebih jelas.
“Pihak mitra masih melakukan evaluasi internal untuk melihat lebih jelas kondisi yang terjadi,” jelas dia.
Menutup penjelasannya, Karina mengimbau para pengguna commuter line agar lebih memperhatikan barang bawaan masing-masing selama perjalanan.
“Kami mengingatkan kembali bahwa barang pribadi yang tertinggal di dalam commuter line merupakan tanggung jawab pengguna,” ujar Karina.
Sebelumnya, seorang petugas pelayanan KRL Commuter Line disebut dipecat setelah diduga terlibat dalam hilangnya sebuah tumbler milik penumpang yang tertinggal di dalam kereta.
Kasus ini pun viral di media sosial setelah pemilik tumbler bernama Anita membuat sebuah utasan di akun Thread pribadinya, @anitadewl mengenai kejadian tumbler miliknya yang hilang usai tertinggal di kereta.
Ia menganggap ada indikasi pelanggaran prosedur operasional standar (SOP) penanganan barang hilang di lingkungan KAI. 
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.