Jakarta (ANTARA) – PT Hakaaston (HKA) memperkuat kesiapan operasional 16 ruas tol dalam rangka menghadapi Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.
Plt. Direktur Utama HKA M. Rozi Rinjayadi mengatakan persiapan dilakukan melalui pemeliharaan rutin dan peningkatan kualitas ruas, meliputi pembersihan area tol, perbaikan dan penataan perambuan, inspeksi kendaraan operasional, serta beautifikasi median.
“Pemeliharaan dan penataan ruas kami lakukan secara rutin untuk memastikan kondisi jalan tetap aman dan nyaman dilalui. Penanganan difokuskan pada kualitas permukaan jalan serta kelengkapan fasilitas pendukung agar perjalanan pengguna jalan tetap lancar, terutama saat volume lalu lintas meningkat” ujar Rozi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
Selain itu, anak usaha PT Hutama Karya itu menempatkan petugas tambahan di titik-titik rawan kepadatan dengan dukungan pemantauan lalu lintas secara seketika melalui CCTV.
HKA mengerahkan sekitar 4.000 personel kompeten untuk memastikan 16 ruas jalan tol sepanjang 989,55 km berada dalam kondisi optimal dalam menghadapi arus Natal dan Tahun Baru 2025 – 2026.
Langkah ini dilakukan untuk menjaga keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan perjalanan pengguna jalan pada periode dengan intensitas lalu lintas tinggi.
Selain kesiapan fisik ruas, HKA juga memperkuat kesiapan layanan operasi di seluruh ruas tol yang dikelola. Seluruh petugas dan sarana operasional dipastikan dalam kondisi siap, termasuk peralatan tol dan penggunaan mobile reader untuk mengantisipasi peningkatan transaksi di gerbang tol.
Pemeriksaan menyeluruh juga dilakukan terhadap kendaraan operasional, unit pertolongan, serta armada pendukung lainnya.
“Pada periode arus mudik dan arus balik, skema pengamanan tambahan diterapkan melalui penempatan petugas di titik-titik tertentu guna menjaga kelancaran lalu lintas dan meminimalkan potensi hambatan. Kami juga menerapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi penumpukan dan kemacetan serta peningkatan layanan lalu lintas dengan pemantauan secara real time melalui CCTV,” kata Rozi.
Pada periode Natal-Tahun Baru tahun ini, ribuan personel HKA dengan berbagai kompetensi diturunkan untuk mendukung operasional jalan tol.
Seluruh petugas telah dipersiapkan melalui program People Development, termasuk peningkatan kompetensi petugas JLO melalui pelatihan khusus dan kegiatan refreshment secara berkala.
Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, petugas HKA menerapkan prinsip HATI – Hadir Penuh, Afirmasi, Tawarkan Solusi, dan Informasikan dengan Tuntas. Prinsip ini menjadi pedoman bagi petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan yang ramah, responsif, dan informatif, terutama selama periode Natal-Tahun Baru ketika intensitas perjalanan meningkat.
“Kami menjalankan seluruh pekerjaan secara terukur dan berbasis hasil inspeksi lapangan. Data kondisi ruas menjadi dasar pengambilan keputusan agar penanganan yang dilakukan benar-benar sesuai kebutuhan. Dengan langkah ini, kami ingin memastikan seluruh ruas yang kami operasikan berada dalam kondisi terbaik saat digunakan masyarakat pada periode Natal-Tahun Baru,” kata Rozi.
Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2025
Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.





