Apakah Barang Hilang di KRL Bisa Diganti? Begini Aturan dan Cara Mengurusnya
Penulis
KOMPAS.com –
Kejadian barang tertinggal di KRL kerap dialami penumpang, terutama pada jam padat ketika kondisi gerbong ramai dan perjalanan berlangsung cepat.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan Lost and Found untuk membantu penumpang mendapatkan kembali barang yang hilang atau tertinggal, namun tidak semua kehilangan dapat diganti.
Penggantian barang baru dimungkinkan apabila terbukti ada kelalaian dari pihak KAI dalam proses penanganan barang setelah ditemukan.
Lost and Found Commuter merupakan layanan resmi untuk membantu penumpang yang kehilangan barang di area stasiun maupun selama perjalanan
KRL
.
Vice President Corporate Communications KAI, Anne Purba, mencatat bahwa sepanjang Januari–Oktober 2025 terdapat 11.670 barang tertinggal dengan estimasi nilai sekitar Rp 12,88 miliar
Hal ini menunjukkan tingginya frekuensi kejadian barang tertinggal di kereta api.
“Setiap barang yang ditemukan petugas kami dicatat dan diamankan sesuai prosedur. Sistem ini bisa berjalan karena ada integritas petugas yang menjaga kejujuran mereka, dan ada kesadaran pelanggan untuk bersama-sama menjaga barang pribadi,” jelas Anne Purba.
Berikut prosedur resmi layanan Lost and Found sebagaimana dijelaskan melalui akun Instagram Commuterline.
1. Menghubungi Petugas
Penumpang yang menyadari barang tertinggal diminta segera mencari petugas dan menyampaikan detail lengkap, seperti:
Pelaporan juga bisa dilakukan melalui layanan 24 jam 021-121.
2. Petugas Melakukan Pengecekan
Setelah laporan diterima, petugas Walka menyerahkan barang yang ditemukan kepada Petugas Stasioner, kemudian diteruskan ke unit Lost and Found untuk didata.
3. Pencatatan oleh Lost and Found
Petugas Lost and Found membuat laporan lengkap terkait barang, termasuk lokasi penemuan dan informasi identifikasi pemilik. Pemeriksaan dilakukan menyeluruh dan berbasis data.
4. Pengambilan Barang oleh Penumpang
Penumpang yang telah melapor akan dihubungi petugas KAI Commuter untuk konfirmasi dan pemberitahuan lokasi pengambilan barang, baik di layanan Lost and Found maupun stasiun tempat barang ditemukan.
Melalui layanan Lost and Found, penumpang memiliki peluang besar untuk mendapatkan kembali barang yang tertinggal di KRL.
Namun, penggantian hanya dapat diberlakukan bila terdapat kelalaian pihak KAI.
Karena itu, kewaspadaan pribadi tetap menjadi langkah utama dalam menjaga barang bawaan selama perjalanan.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Apakah Barang Hilang di KRL Bisa Diganti? Begini Aturan dan Cara Mengurusnya Megapolitan 1 Desember 2025
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5427523/original/002823900_1764393481-1000100028.jpg?w=250&resize=250,140&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5434629/original/032299200_1764936701-Banner_Infografis_Diskon_H.jpg?w=250&resize=250,140&ssl=1)
/data/photo/2025/09/22/68d0a216335a9.jpg?w=250&resize=250,140&ssl=1)


/data/photo/2025/09/25/68d4dc0dd0442.jpg?w=250&resize=250,140&ssl=1)
/data/photo/2023/08/28/64ec7c8b95ce2.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
/data/photo/2025/12/05/693230daa69eb.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
/data/photo/2025/12/06/6933b85c67abd.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
/data/photo/2025/12/05/6932c987197cb.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
/data/photo/2021/02/11/6024c5b6d9ffc.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)
/data/photo/2025/12/06/69339b3d46a34.jpg?w=400&resize=400,225&ssl=1)