Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Metode Khusus Guru di Tangsel Bikin Anak Cerdas Istimewa Semangat di Kelas Megapolitan 11 Oktober 2025

Metode Khusus Guru di Tangsel Bikin Anak Cerdas Istimewa Semangat di Kelas
Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – 
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Al-Azhar BSD, Tangerang Selatan, Iik Hikmatul Hidayat (28), menerapkan metode khusus dalam mengajar siswa di kelas akselerasi atau kelas bagi anak cerdas istimewa.
Pendekatan ini dirancang agar pembelajaran tetap menarik dan menantang bagi siswa dengan kemampuan di atas rata-rata.
Menurut Iik, materi yang diajarkan sama seperti di kelas reguler, namun metode penyampaiannya harus disesuaikan agar siswa tidak mudah bosan.
“Materinya tetap sama, tapi metodenya harus beda. Anak-anak akselerasi cepat bosan kalau cuma mendengar penjelasan guru,” ujarnya saat ditemui
Kompas.com
, Jumat (10/10/2025).
Dalam mengajar sejarah Islam, Iik kerap menggunakan permainan interaktif sebagai bagian dari proses pembelajaran.
Ia sering membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara spontan dan memberikan pertanyaan cepat yang harus dijawab dalam hitungan detik.
Setelah sesi permainan berakhir, ia kembali menyampaikan inti materi untuk memastikan siswa memahami konteks pelajaran.
Menurutnya, metode seperti ini membuat siswa akselerasi menjadi lebih aktif dan antusias di kelas.
“Kalau anak-anak sudah senang di kelas, mereka jadi lebih mudah memahami pelajaran,” imbuhnya.
Selain permainan, Iik juga berupaya memahami karakter dan gaya belajar tiap siswa.
Di awal tahun ajaran, ia melakukan diagnostic test untuk mengetahui apakah siswa termasuk tipe visual, auditori, atau kinestetik.
“Tes gaya belajar ini penting supaya metode yang saya pakai sesuai dengan kebutuhan anak. Kalau tidak tahu gaya belajarnya, guru bisa salah pendekatan,” jelasnya.
Bagi Iik, mengajar anak-anak cerdas istimewa bukan hanya soal menyampaikan materi, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang membuat mereka tertantang untuk terus berpikir.
Ia menganggap setiap sesi pembelajaran sebagai ruang eksplorasi bagi siswa maupun dirinya.
“Anak-anak akselarasi itu cepat tangkap dan cepat bosan. Kalau guru bisa bikin mereka penasaran, mereka akan semangat terus,” ucap Iik.
Pendekatan yang diterapkan Iik menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran di kelas akselerasi tidak hanya bergantung pada isi materi, tetapi juga pada strategi guru dalam menyesuaikan ritme dan gaya belajar siswa berkemampuan tinggi agar potensi mereka berkembang optimal.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.